PKM (Rancangan Solusi SMS Gateway Di Perpustakaan Universitas Brawijaya)

BAB III
RANCANGAN SOLUSI

1.     SISTEM KERJA SMS (SHORT MESSAGING SERVICE)
SMS merupakan salah satu fitur dari GSM yang banyak di gunakan dalam masyarakat. Pada saat kita mengirim pesan sms melalui ponsel, maka pesan sms tersebut tidak langsung di kirim ke ponsel tujuan, akan tetapi terlebih dahulu dikirim ke sms center(SMSC). Dengan prinsip Store and Forward (simpan dan teruskan). Setelah itu baru di kirimkan ke ponsel yang akan di tuju.
Dengan adanya SMSC ini, kita dapat mengetahui status dari SMS yang di kirim apakah telah sampai atau gagal di terima oleh ponsel tujuan. Apabila ponsel tujuan dalam keadaan aktif dan menerima pesan yang di kirim, ponsel tersebut akan mengirim kembali pesan konfirmasi ke SMSC mengirimkan kembali status tersebut kepada si pengirim. Tetapi jika ponsel tujuan dalam keadaan mati atau di luar jangkauan, sms yang di kirim akan disimpan pada SMSC sampai periode validasi terpenuhi. Jika periode validasi terlewati maka sms itu akan di hapus dari SMSC dan tidak dikirimkan ke ponsel tujuan. Di samping itu, SMSC akan mengirim pesan informasi ke nomor pengirim yang menyatakan pesan yang dikirim belum di terima atau gagal.
Untuk mendapatkan informasi tentang berbagai buku yang ada di perpustakaan maka kita tinggal melakukan SMS melalui ponsel kemudian segala permintaan tesebut di terima oleh sebuah alat penerima yang di pasang pada computer server yang bertugas sebagai penerima dan pengirim. Alat penerima tersebut adalah GSM modem yang memiliki fasilitas GSM. Setelah menerima permintaan maka komputer akan mencari permintaan pada database yang telah di simpan pada komputer server pusat perpustakaan. Setelah data di temukan atau tidak di temukan maka dengan GSM modem yang telah di pasang di computer pusat perpustakaan akan mengirim pesan balik ke ponsel yang melakukan permintaan tersebut. Kualitas sinyal GSM Modem lebih baik dari pada ponsel karena GSM Modem didesain khusu mengirim dan menerima SMS. Saat ini di pasaran telah banyak di jual berbaigai macam merk dari tipe GSM Modem itu sendiri.

Secara umum ada beberapa cara untuk mengirimkan pesan SMS dari PC atau komputer :
·         Menghubungkan komputer dengan handphone. Selanjutnya tinggal menggunakan perintah-perintah “AT Command” untuk mengirimkan pesan.
·         Menghubungkan komputer langsung dengan SMS Center (SMSC) atau SMS service provider. Untuk mengirimkan pesan SMS menggunakan beberapa protocol interface yang mendukung SMSC sebagai contoh protocol yang sering di gunakan adalah HTTP atau HTTPS atau protocol lainnya.









GAMBAR ALUR KERJA SMS GATEWAY








SMS server pada dasarnya adalah melayani permintaan dari SMS yang diterima berupa perintah yang di deskripsikan terlebih dahulu di server kemudian memberikan balasan kepada nomor ponsel yang mengirim SMS tadi berupa SMS yang diminta.
Server atau komputer pusat yang biasa juga di sebut sebagai komputer pelayanan yang melayani permintaan dari klien dalam aplikasi ini memiliki fungsi menghandel SMS yang masuk untuk di proses permintaannya. Ponsel pengguna dalam aplikasi ini merupakan klien.
SMS yang dikirim sendiri melalui ponsel hingga sampai ke SMS sever terlebih dahulu melalui Gateway Operator ponsel atau biasa di kenal dengan SMS Center (SMSC). Antrian tersebut masuk ke dalam SMS server.
SMSC mengecek apakah di memory SMS sever masih terdapat SMS,  jika kosong maka SMS akan disampaikan untuk selanjutnya di proses oleh SMS server pesan yang ada dalam SMS tersebut. Jika proses validasi pesan berhasil, selanjutnya SMS server merespon pesan perintah dari SMS tadi dengan output berupa pengiriman pesan SMS yang diminta.
               
2.     GAMMU
GAMMU (GNU All Mobile Management Utilities) adalah nama sebuah project yang ditujukan untuk membangun aplikasi, script dan servers yang di gunakan untuk semua fungsi yang memungkinkan pada telepon seluler atau alat sejenisnya. Sekarang GAMMU telah menyediakan codebase yang stabil dan mapan untuk berbagai macam model telepon yang tersedia di pasaran.
GAMMU bukanlah aplikasi jadi, tetapi merupakan sebuah modul yang bisa di gabungkan dengan bahasa pemrograman apa saja, bisa dengan PHP, ASP, Delphi atau Visaul Basic. Ada dua mekanisme kerja dari GAMMU yaitu sebagai aplikasi dan sebagai daemon. GAMMU sebagai aplikasi akan bekerja ketika perintah GAMMU di jalankan pada lingkungan shell beserta perintahnya di sertakan sesuai fungsi yang di inginkan. Sedangkan sebagai daemon GAMMU di tandai dengan di jalankannya perintah smsd pada shell. SMSD bukanlah perintah yang langsung terinstal melainkan perintah yang di jalankan pada shell atau Commad Prompt.

GAMBAR SISTEM KERJA GAMMU





3.     RANCANGAN DATABASE
Dalam database perpustakaan hanya butuh di tambahkan tabel SMS masuk dan SMS keluar saja. Di database perpustakaan sudah ada data anggota, data peminjaman, data buku, data petugas, dan lain – lain, jadi tidak perlu di tambahakan lagi tabel selain SMS masuk dan SMS keluar.
Pada database perpustakaan juga sudah terintegrasi dengan database di SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa). Jika ada mahasiswa yang masih mempunyai tanggungan di perpustakaan, maka akan di tampilkan di SIAM pada saat heregistrasi dan mahasiswa tersebut tidak bisa daftar ulang sebelum tanggungannya di selesaikan.

a.      TABEL SMS MASUK
Field
Type
Keterangan
Id_masuk
Int (11)
Primary Key (AI)
No_hp
Int (11)

Tgl_masuk
Date

Isi_pesan
Longtext

Jam_masuk
Date

Status_masuk
Varchar (10)


b.      TABEL SMS KELUAR
Field
Type
Keterangan
Id_keluar
Int (11)
Primary Key (AI)
No_hp
Int (11)

Tgl_keluar
Date

Isi_pesan
Longtext

Jam_masuk
Date

Status_masuk
Varchar(10)


4.    
DATA BLOK DIAGRAM




5.     FLOWCHART CARI BUKU DAN BOOKING BUKU
Algoritma dapat di buat dalam bentuk flowchart. Tujuan utama dari penggunaan flowchart adalah menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah secara sederhana, terurai, jelas dengan menggunakan simobol – simbol yang standar. Pada pembuatan system informasi perpustakaan dengan sms gateway, program membaca data mahasiswa/anggota dan data buku, kemudian di periksa apakah user/no hp mahasiswa terdaftar dalam database atau tidak. Jika ada maka pada proses selanjutnya kita akan menentukan buku apa yang akan kita cari dengan mengetikan kata kunci yang telah di tentukan system, setelah mengetikan buku yang akan di cari dan di kirim ke sistem, maka akan di proses oleh system apakah buku yang di cari ada atau format pengetikan pencarian buku salah. Jika ada maka system akan otomatis mengirim pesan bahwa buku yang di cari tersdia. Kemudian kita juga bisa membooking/memesan buku melauluis sms gateway. Jika buku yang booking ada maka system otomatis mengirim pesan buku yang di booking tersebut tersedia. System akan otomatis menyimpan pesan keluar pada database.



6.     FLOWCHART PERINGATAN DAN KIRIM SMS KETERLAMBATAN







7.     FORMAT PENGETIKAN SMS DAN SMS NOTIFIKASI KETERLAMBATAN.

a.     PENCARIAN BUKU.
Bentuk Format Pencarian buku :
            CARI<spasi>BUKU<spasi><kata kunci>
Contoh :
            “CARI BUKU Pemrograman Web”
            Setelah SMS di terima, di baca, dan di proses oleh server, selanjutnya hasil pencarian dengan kata kunci pemrograman web akan di kirimkan kembali ke nomor telpon yang menerima data.
CONTOH GAMBAR PENCARIAN BUKU
                Pengiriman hasil pencarian buku hanya di batasi 1 buku saja, hal ini di karenakan  max karakter yang di tamping oleh GAMMU hanya 160 karakter. Namun user bisa melihat buku selanjutnya dengan mengklik huruf 1 pada ponsel. Maka sever akan mengirim hasil pencarian berikutnya.

GAMBAR BALASAN PENCARIAN BUKU SELANJUTNYA






b.    BALASAN PESAN KESALAHAN FORMAT PENULISAN








c.      PEMESANAN BUKU (BOOKING BUKU).
Format pemesanan buku :
      PESAN<spasi><id_buku>
Contoh :
      “PESAN 092-68401-73-1”
      Stelah pesan dikirm, di baca, dan di terima oleh server. Jika format salah maka akan dikirm pesan kesalahan. Jika format benar maka akan dikirim pesan buku berhasil.

GAMBAR PEMESANAN BUKU




d.    PESAN PEMBERITAHUAN SEBELUM BUKU DI KEMBALIKAN



e.      PESAN PEMBERITAHUAN KETRLAMBATAN PENGEMBALIAN BUKU

8.    IMPLEMENTASI PROGRAM

a.     TAMPILAN HALAMAN LOGIN ADMIN

Halaman login administrator perpustakaan, tabel yang di gunakan adalah database dari perpustakaan. Di dalam database perpustakaan sudah ada tabel administrator, tabel admin, atau tabel petugas.
                                               
b.      TAMPILAN HALAMAN UTAMA
Setelah login dari halaman login administrator, maka akan di hadapkan pada halaman utama dari program aplikasi. Pada halaman utama tersedia menu untuk mengatur SMS masuk dan SMS keluar, kemudian kita juga bisa mengetahui koleksi buku perpustakaan yang ada di universitas brawijaya, buku yang sedang di pinjam, data keterlambatan pengembalian buku, dan lain – lain.


c.      TAMPILAN HALAMAN SMS MASUK DAN SMS KELUAR
 










Pada halaman ini menyediakan tampilan SMS masuk dan SMS keluar, kita bisa mengatur sms tersebut, apakah kita ingin menghapus pesan tersebut secara manual, atau di seting menghapus pesan masuk dan sms keluar secara otomotis pada jangka waktu tertentu.           
2 comments

2 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mantap. Kebetulan sekali saya mau mencoba idel ini untuk judul TA saya. Menurut saya ini sangat menarik dan sangat patut untuk di coba. Terimakasih 😁

    ReplyDelete